Kamis, 28 Februari 2019 dibaca 101 kali

Seminar Milenial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Musi Rawas

                 

28 Februari 2019 pukul 10.00 Wib bertempat di Gedung Auditorium Pemerintahan kabupaten Musi Rawas telah berlangsung Seminar Milenial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Musi Rawas.

Pesta Demokrasi yang berlangsung setiap 5 tahun memiliki arti yang mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia, masyarakat diberi kesempatan untuk memilih siapakah calon pemimpin yang akan memperjuangkan aspirasi mereka, mulai dari tingkat DPRD, Kota/Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI hingga pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Hingga saat ini sistem pemilihan masih terus berubah demi terwujudnya proses pemilihan yang dapat memberikan kepercayaan kepada ruang publik. Pesta demokrasi yang berlangsung tersebut tidak akan lepas dari publikasi kepada masyarakat yang juga untuk mengenal calon melalui kampanye maupun sosialisasi kegiatan pemilu.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Musi Rawas menyelenggarakan seminar milenial di hadiri oleh 500 orang peserta (Dosen, Mahasiswa, dan masyarakat kalangan umum) dan dihadiri Rektor Universitas Musi Rawas yang diwakilkan oleh Pembantu Rektor 1 DR. H. Zaini Amin, M.Si, Bupati Musi Rawas diwakilkan oleh Staf Ahli Bupati Musi Rawas, Sekretaris Daerah Kota Lubuklinggau H. A. Rahman Sani, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik M. Fadil, S.Ip., M.Si. pembicara seminar milleneal; Wahyu Setiawan, S.IP., M.Si (Anggota Komisi Pemilihan Umum RI), Rahman Bagja, SH.,LL.M (Anggota BAWASLU RI), Prof. Rusadi Kantaprawira (Akademisi).

Laporan Dari Ketua Penyelenggara Drs. Juliman, M.Si “Dinamika politik di negeri kita saat ini telah menarik berbagai kaum untuk mensukseskan dan mengawal sistem pemilihan umum maupun terjun langsung dalam kontestasi pemilihan umum tersebut, khususnya bagi para kaum milenial yang notabene digandrungi anak-anak muda. Hal ini mendapatkan nilai positif serta negatif. Sisi positif yang didapatkan bahwasannya di era digital sekarang sangat penting menanamkan sifat serta sikap dalam berperilaku politik kepada kaum muda agar dapat menjadi penerus bangsa dalam perkembangan demokrasi kedepannya. Sisi negatif yang didapatkan akan terjadi hiruk pikuk di masyarakat apakah terjunnya kaum milenial atau kaum muda ini memang benar berdasarkan kemampuan berpolitik dan mengerti akan permasalahan yang sedang dihadapi bangsa ini atau hanya menjadi sebuah pion politik bagi peserta politik untuk meraup suara demi kemenangan untuk kontestasi politik yang sedang berjalan”. Cetusnya

Wahyu Setiawan, menjelaskan “bahwa, untuk memberikan pengetahuan serta memperjelas posisi kaum milenial dalam percaturan politik, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Musi Rawas bertujuan memberikan pendidikan politik bagi masyarakat khususnya bagi kaum milleneal dan menjadikan kaum milleneal lebih peduli terhadap proses dan sistem politk serta kritis akan perkembangan demokrasi saat ini. Peran dan Dinamika Pemilih Milenial dalam Kontestasi Pemilihan Umum Serentak 2019 ini dapat diharapkan mampu memberikan pendidikan politik bagi kaum milenial agar kritis dalam menyikapi proses dan permasalahan pemilu yang akan dilaksanakan segera.

 
    Hubungi Kami
  • Universitas Musi Rawas
  • Jl. Pembangunan Komplek Pemkab. MURA
  • Kel. Air Kuti Kec. Lubuklinggau Timur I
  • Kota Lubuklinggau 31626
  • Telp/Fax. 0733 - 451646